Rabu, 18 Desember 2013

Cara Mudah Merendahkan Tanaman

Merendahkan di sini maksudnya membuat tanaman menjadi tumbuh tidak terlalu tinggi seperti biasanya. Batang pohon juga akan cenderung membesar, dan kualitas buah menjadi lebih baik. Mirip seperti tanaman cangkokan.

Cara ini lazim diterapkan pada tanaman buah-buahan. Yakni tanaman pohon yang berakar tunjang atau berakar tunjang semu. Semisal jambu air, jambu biji, rambutan,  pepaya, manggis, durian, sukun, mangga dan lainnya.

Metodenya adalah dengan menggali sebagian tanah pada akar tanaman yang sudah tumbuh. Kemudian potong akar tunjangnya, lalu alas bagian bawah akar itu dengan batu bata atau genteng, lalu tutupkan tanah kembali.

Menurut pengamatan kami, pada tumbuhan berakar tunjang, tajuk daun dan bentuk batang adalah setara dengan bentuk akar. Tanaman dengan akar tunjang atau akar tunggang yang panjang dan dalam menghujam ke bumi, batangnya akan cenderung kurus tinggi. Sedangkan pada tanaman cangkokan, bentuk batang merendah dan tajuk melebar karena bentuk akarnya juga melebar, bukan menghujam ke  bawah.

Dengan cara memotong akar tunjang ini, kita bisa memiliki tanaman 'rasa' cangkokan dengan pembibitan dari biji.

Sebenarnya, jika pemotongan akar tunjang dilakukan pada saat tanaman akan ditanam, tentu pekerjaan akan lebih mudah.