Senin, 01 Juni 2015

Jenis-Jenis Jamur Pembentuk Gubal Gaharu


Beberapa jenis jamur pembentuk gubal gaharu adalah sebagai berikut.

a.         Jamur Cytosphaera malaccensis sebagai hasil isolasi dari gubal yang terbentuk pada batang gaharu Aquilaria malaccensis.

b.         Phialophora parasitica dapat menginfeksi pohon yang masih hidup dan potongan batang yang sudah mati.

c.         Mikoriza abuskular, vesicular pada gubal yang diperoleh dari akar pohon Aquilaria malaccensis.

d.        Jamur Fusarium lateritium, Fusarium popullaria, Fusarium rhinocledeilla, Fusarium rizoctonia, Fusarium oxisporium, Fusarium bulbigenum, dan Fusarium botryodiplodia.

e.         Fusarium lateritium merupakan mikroba yang lebih efektif dalam memacu pembentukan gubal gaharu pada pohon Gyrinops versteegii. Jamur tersebut lebih efektif daripada jamur Fusarium popullaria. Semua jenis Fusarium dapat membentuk gubal, terutama Fusarium lateritium.

f.          Jamur Lasiodiploda sp.

g.         Jamur Libertella sp.

h.         Jamur Trichoderma sp.

i.           Jamur Thielaviopsis sp.

j.           Jamur Phytium sp.

k.         Jamur Scytalidium sp.

Cara lain mendapatkan gubal gaharu adalah mirip dengan pembuatan gaharu sisip, yaitu potongan gubal gaharu kecil dimasukkan ke dalam lubang yang dibuat dengan bor ke dalam pohon, kemudian lubang ditutup dengan lilin. Potongan gubal gaharu berfungsi sebagai inokulan pada pohon gaharu yang masih sehat. Namun, cara tersebut tidak banyak dilakukan dan yang umum dilakukan adalah dengan menyuntikan Fusarium lateritium.

Pemberian zat stressing agent, yaitu zat pengatur tumbuh yang dapat memanipulasi atau mengkondisikan system pertahanan pohon melemah sehingg
a mempercepat terjadinya infeksi yang dapat membentuk gubal gaharu. Pemberian zat stressing agent telah dicoba untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Agar tanaman gaharu stress, dapat pula dilakukan dengan cara melukai pohon atau memasukkan karbit ke dalam lubang yang dibuat pada batangnya. Cara terbaru melemahkan pohon gaharu agar ia tidak melakukan revealing (gubal gaharu yang sudah terbentuk kembali menjadi kayu), adalah dengan menambahkan/menyuntikkan  asam. Berbagai jenis asam sudah dicoba, yang paling umum adalah asam cuka makan dan asam gelugur dan asam wuluh.

 Biasanya, Fusarium, masuk kedalam tubuh tananam secara alami dan membentuk gubal gaharu secara alami juga. Namun hal ini sangat jarang terjadi.