Sabtu, 11 Maret 2017

Jual Bibit Asam Gelugur Sambung Pucuk Di Sumatera Utara

Asam Gelugur Sambung Pucuk

Telah kita bahas tentang kelemahan bibit asam gelugur asal biji dan asal stek akar di tulisan kami di bawah. Kelemahan-kelemahan mendasar bibit asam gelugur asal biji dan asal stek akar tadi membuat kami terpacu untuk ikut membuat bibit asam gelugur asal sambung pucuk. Sebagai usaha menyediakan bibit asam gelugur yang memiliki sifat-sifat unggul, kelaminnya jelas betina dan memiliki akar tunggang atau akar tunjang, maka kami melakukan teknik grafting (sambung pucuk) pada bibit asam gelugur dengan mengunakan pucuk puncak.

Sebenarnya teknik ini sudah jamak juga dilakukan oleh para penangkar bibit tanaman, namun belum dalam skala yang cukup besar. Hal itu disebabkan karena sulitnya mendapatkan pucuk puncak (roof top) sebagai bahan sambungan bakal bibit.  Pucuk puncak jumlahnya sangat terbatas dan untuk mengambilnya juga tidaklah mudah. Kita harus memanjat sampai ke puncak tertinggi pohon asam yang sudah berbuah.

Pucuk ranting tidaklah bisa dijadikan bahan sambungan karena nantinya pucuk ranting itu tidak mau membentuk pohon, tetapi hanya membentuk perdu. Hal ini berbeda dengan sifat pucuk ranting durian, mangga, duku, kakao, dan tanaman lain umumnya, yang pucuk rantingnya dapat dijadikan bahan sambungan karena mau membentuk pohon nantinya.

Kami menjual satu batang bibit asam gelugur asal sambung pucuk dengan bahan sambungan pucuk puncak ini dengan harga Rp.125.000. Umur sambungan 7 bulan dan tinggi bibit diukur dari permukaan polibag setingi 30 cm.

Penjualan dilakukan dengan sistim pesanan. Masa tunggu 3-4 bulan. Panjar minimal 20% dari nilai transaksi. Transaksi panjar dilengkapi dengan surat-surat yang berhubungan.

Peminat sebaiknya datang langsung saat melakukan pembayaran panjar. Pengangkutan bibit nantinya dilakukan oleh pembeli. Kami tidak melayani pengiriman. Jika mau menyewa pikap atau truk, kami bisa bantu carikan, penyewa kemudian berhubungan langsung dengan pihak armada.

Alamat kami di Dusun 3 Pulau Besar Desa Petatal, Lima Puluh, Batu Bara, Sumut. Jalan Lintas Medan-Kisaran km 130. Dekat SPBU Petatal-Batu Bar. Depan Puskesmas Petatal. Hp.0813 7000 8997, dengan Muhammad Isnaini alias Bang Pilot.



Terima kasih dan selamat menanam. Mari hijaukan bumi!