Senin, 09 Juni 2014

Pohon Aren, Alternatif Gula & Bahan Bakar

JAKARTA - Pemerintah saat ini masih terus mengembangkan energi alternatif yang dapat digunakan untuk menggantikan bahan bakar. Padahal, pemerintah tidak perlu mencari jauh-jauh.

ketua Yayasan Masarang, Willie Smits, mengatakan pohon aren sebenarnya bisa digunakan sebagai alternatif bahan bakar. Menurutnya, pohon aren merupakan pohon yang memiliki manfaat dari ujung akar hingga pucuk daun.

"Pohon aren ini pohon ajaib, kaya manfaat bagi manusia, bahkan orang yang mengonsumsi gula aren akan hidup lebih lama daripada mereka yang mengonsumsi gula tebu," tutur dia di Jakarta, Senin (2/5/2014).

Selama bertahun-tahun melakukan penelitian di Sulawesi Utara dan wilayah yang banyak ditumbuhin pohon aren, ternyata banyak sebagian masyarakat yang belum memanfaatkannya. "Penelitian saya menunjukkan tidak ada pohon yang dapat menghasilkan jumlah bahan bakar alternatif lebih produktif dari pohon aren," ucapnya.

Selain itu, pohon aren juga dapat dimanfaatkan sebagai pemanis. Dia melanjutkan, jika menggunakan gula aren, maka dalam jangka waktu dua tahun Indonesia tidak akan perlu lagi mengimpor gula. "Saya yakin pohon aren adalah pohon emas yang bisa mengangkat taraf hidup masyarakat kita," katanya.

Di sisi lain, pohon aren juga dapat mencegah tanah longsor, bahkan pada lahan yang benar-benar curam. "Serat ijuk berkualitas dari pohon aren juga banyak dipergunakan untuk berbagai hal, termasuk pembuatan jok mobil mewah dari Eropa," imbuhnya.

Smits berpendapat, ada sekitar delapan provinsi yang memeliki gula palem berlimpah namun tidak dimanfaatkan. Untuk itu ia merancang membuat prototipe dan mematenkan Village Hub.

"Sebuah pabrik mini terpadu untuk tingkat desa yang tidak hanya mengolah hasil pohon area tapi menghasilkan berbagai fasilitas infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat daerah terpencil," pungkasnya. (mrt)

sumber :
http://economy.okezone.com/read/2014/06/02/320/992730/pohon-aren-alternatif-gula-bahan-bakar