Minggu, 22 Maret 2015

Membasmi Rayap Tanah Menggunakan Deterjen

Begini ceritanya, gan.

Ane kan ada buat lubang mo tanam pepaya. Ukuran lubang 50x50x50 cm.
Beberapa lubang ternyata dekat dengan sarang rayap tanah.
Baru dua hari dibiarkan, ntu lubang udah diuruk rayap jadi tinggal setengahnya.

Ane blingsatan, gan. Mana napas udah senen-sabtu nyangkolin, enak aja ntu rayap nimbun lubang ane.

Kebetulan ane sedang memerangi jamur pada tanaman aren ane, salah satunya dengan deterjen. Nah, sebagai ujicoba, ane larutkan dua gengam deterjen ke dalam seember air, lalu ane tuang ke dalam lubang istana rayap.

Tiga hari kemudian, ane periksa. Tanah timbunan rayap dibongkar.

Dan, taraa..! Koloni rayap udah pada kabur semua, gan! Mungkin minggat ke kepulauan Fiji kalee.....

Oh iya gan, ntu rayap tanah doyan juga makan akar dan batang tanaman yang masih hidup. Pernah pohon mangga dan pepaya burung di halaman rumah ane tumbang digasnya.