Rabu, 09 Maret 2016

Syarat Melakukan Under Planting Kebun Kelapa Sawit



Under Planting Sawit
Seorang teman pekebun menelepon, menyatakan ingin melakukan under planting bagi kebun sawitnya yang sudah mendekati masa peremajaan. Namun saya tidak menyarankan ia melakukan hal itu. Mengapa?
Under planting ialah menanam tanaman baru yang sejenis di antara tanaman yang sudah tua. Alias menanam dengan cara menyisip. Hal ini memang umum dilakukan orang pada perkebunan kelapa sawit. Keuntungannya adalah masa tunggu panen yang tidak lama. Bahkan bisa juga masa tunggu itu hilang sama sekali. Artinya, setelah tanaman sisipan mulai berbuah (3 tahun st), maka tanaman tua baru ditebang.
Akan tetapi, sistim under planting sangat tidak disarankan pada lahan yang pernah ada sejarah serangan Ganoderma Boninense, jamur penyebab Basal Stem Rod alias busuk pangkal batang. Ciri serangannya adalah batang sawit yang membusuk lalu tegakan akan tumbang/patah dengan sendirinya.
Ganoderma Boninense (GB) adalah jamur tular tanah. Membasminya sangat sulit. Suka pada kelembaban. Jika lahan mengandung jamur ii lalu dilakukan under planting, maka siklus kehidupannya tidak terputus. Serangan jamur akan menghebat pada periode penanaman kedua.
Jika pada penanaman pertama serangan jamur mulai tampak setelah pohon berumur lebih dari 20 tahun, maka biasanya pada periode penanaman kedua, serangan akan mulai terlihat pada umur 12 tahun. Kerugian akibat penyakit jamur ini sangatlah besar. Karena itu sisitim under planting tidak kami sarankan pada lahan dengan sejarah seperti di atas.
Lahan kebun sawit yang pernah terserang GB, harusnya pohonnya ditebang, batang pohon dicacah lalu dijemur. Tanah ditraktor, lalu dijemur minimal selama 3 bulan. Usahakan penjemuran berlangsung di musim kemarau, agar jamur yang ada bisa mati kepanasan dan kekeringan. Aplikasi dolomit juga sangat disarankan, karena dolomit termasuk salah satu bahan anti jamur tanah. Jumlah dolomit adalah 5 ton/ha.   Taburkan merata pada tanah yang akan ditraktor sebanyak 3 ton, dan sesudah ditraktor sebanyak 2 ton per hektar.
Sekian dulu, nanti kami sambung lagi. Admin mau nyangkol dulu ke nursery bibit aren dan sawit milik admin. Insya Allah. Salam.