Sabtu, 02 April 2016

Jarak Tanam Aren Berdasarkan Tanaman Tumpangsarinya






Berapa jarak tanam aren?
Sebenarnya, belum ada tetapan  tertentu untuk hal ini. Namun jarak tanam dapat diperkirakan berdasarkan bentangan tajuk daun dikurangi 10 persen . Yang jelas, makin rapat titik tumbuh aren, maka akan makin lama masa tunggu produksinya.

Menurut pengamatan saya, bentangan tajuk daun aren sekitar enam meter. Karena itulah saya menanam aren dengan jarak 5x6 meter, susun mata lima atau pola segi tiga sama kaki. Jalur yang lebarnya 6 meter itu membujur arah Timur-Barat. Dengan demikian dalam satu ha lahan akan ada 333 titik tanam.

Dengan jarak tanam demikian, maka dapat ditumpangsarikan tanaman muda semisal palawija, umbi-umbian, bumbu-bumbuan, sayuran, pepaya california dll selama 3 tahun. Tentu saja area tanam tumpangsari makin tahun akan makin menyempit sesuai perkembangan tanaman utama. Pepaya california ditanam sebaris di tengah jalur yang 6 meter dengan jarak tanam antar pepaya california adalah 2,5 meter. Jika pepaya bangkok maka 3 meter.  Umur ekonomis rerata kedua jenis pepaya ini adalah 3 tahun st.

Bila mau ditumpangsarikan dengan tanaman semisal kopi ateng, lada perdu atau gaharu, maka jarak tanam bisa dibuat menjadi 5x8 meter. Kopi ateng ditanam sebaris di jalur yang 8 meter, dengan jarak antar tanaman kopi adalah 3 meter. Lada perdu jarak 2 meter dan gaharu  (aquilaria malaccensis) 5 meter. Kopi ateng berbuah umur 2 tahun, akan efektif sampai umur 5 tahun st. Lada peerdu berbuah umur setahun, efektif  sampai umur 4 tahun st. Gaharu diinokulasi umur 5 tahun dan ditebang pada umur 7 tahun st.

Jika mau ditumpangsarikan dengan sengon dan kelapa hibrida, maka jarak tanam adalah 5x10 meter. Jarak antar sengon 8 meter. Jarak antar kelapa hibrida 6 meter. Sengon ditebang saat umur 8 tahun. Kelapa hibrida juga sebaiknya ditebang saat aren sudah mulai rata berproduksi.

Jarak tanam di atas adalah untuk daerah yang mendapat sinar matahari penuh. Untuk daerah yang kurang mendapat sinar matahari, misalnya di balik gunung, maka jarak tanam harus diperlebar sedikit.

Semua angka di atas juga bukanlah sebuah tetapan, terbuka untuk pendapat lain dan CMIIW.

Salam tani sejahtera!