Rabu, 17 Juli 2013

Cara Membuat Bibit Sawit Kecil

                                          bibit sawit kecil, umur 3 bulan

Cara Membuat Bibit Sawit Kecil ( Bebi)
Siapkan lahan yang akan dipakai. Buatlah penahan panas dari bambu atau bahan lainnya. Tingginya 180 cm, sehingga memudahkan penyiraman dan perawatan. Penahan panas ini terdiri dari tiang dan galang-galang, Bisa dari bambu, batang pinang atau kayu. Lalu di atasnya ditaruh pelepah daun sawit tua atau daun kelapa. Atur kerapatan pelepah sehingga sinar matahari masuk sekira 30-40 persen. Bisa juga dengan menggunakan plastik penahan panas khusus yang memang ada dijual.
Isilah polibag kecil dengan tanah bercampur pupuk kandang setengahnya. Campurannya 1:1. Gunakan pupuk kandang yang sudah mati ( dingin dan sudah seperti tanah ). Pupuk kandang dimaksud adalah yang berasal dari kotoran hewan memamah biak, seperti kerbau, lembu, kuda dan kambing. Lalu isi setengah bagian polibag itu dengan tanah humus. Polibag jangan diisi penuh, melainkan sisakan 2 cm untuk memudahkan penyiraman.
Siram polibag dengan air secukupnya sehingga tanah menjadi lembut dan siap ditanami.
Lalu tanamlah benih sawit dengan posisi tidur, tunas ke atas dan akar ke bawah. Jika akar terlalu panjang, potong dengan gunting tajam. Sisakan 2-3 cm. Seperempat bagian biji harus kelihatan, alias jangan dibenam habis.
Siramlah setiap sore. Jika polibag tidak diisi dengan pupuk kandang, maka campurkan sampai benar-benar larut segenggam pupuk urea dan kcl kedalam setiap air satu gembor/emrat ukuran 10 liter. Jadi, urea setengah genggam dan kcl setengah genggam. Lakukan seminggu sekali. Setelah satu bulan, penahan panas dikurangi secara bertahap. Penahan panas ini harus sudah habis pada umur tiga bulan atau ketika bebi siap dipindahkan ke polibag besar. Ingat, jangan membuat bebi ditempat teduh, karena nanti ia akan stress saat dipindahkan ke tempat yang terkena panas.
Jika ada tanah yang menutupi pangkal batang bebi, maka harus diangkat/dibersihkan. Pangkal batang bebi ini biasa disebut bongkot. Jadi level tanah adalah di antara bongkot dengan akar.
Bebi yang sehat adalah yang bongkotnya besar dan daunnya sudah empat helai ( pucuknya tidak dihitung ) pada umur tiga bulan. Warna daunnya hijau pekat dan bebas bolong. Postur pohonnya pendek dan jarak antara pangkal pelepah daun adalah rapat serta pelepah dalam keadaan membuka.
Penggunaan insektisida dapat diperlakukan bila terdapat serangan penggerek daun.
Bebi ini tidak tahan terhadap rendaman banjir. Bebi yang sudah menguning karena terendam air tidak boleh dipakai lagi.
Demikianlah cara membuat bibit sawit kecil atau bebi.


READY STOCK :
BIBIT AREN UMUR 16 BULAN, HARGA RP.10.000/BATANG, TINGGI 100 CM.
BIBIT AREN UMUR 10 BULAN TINGGI 60 CM HARGA RP.6.000/BATANG
BIBIT AREN RP. 4.000/POKOK, TINGGI 40 CM (UMUR 6 BULAN) .
KECAMBAH BIBIT AREN UMUR 2 BULAN ( UNTUK PENGIRIMAN JARAK JAUH ), HANYA RP. 1.500/POKOK.
BIJI AREN UNTUK BIBIT RP.600/BUTIR. 
HP.0813 7000 8997. DENGAN MUHAMMAD ISNAINI.
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar