Rabu, 17 Juli 2013

Meremajakan Sawit Tanpa Berhenti Panen TBS




Bagaimana mungkin bisa meremajakan tanaman kelapa sawit tanpa berhenti panen tandan buah segar? Jawabnya : bisa. Caranya, ialah melakukan penanaman bibit kelapa sawit tepat di antara tanaman yang sudah tua dan akan diafkir.

Cara ini banyak dilakukan berbagai perkebunan kelapa sawit skala besar di Sumatera Utara dan daerah lainnya. Tanaman kelapa sawit tua yang tiga tahun lagi akan ditumbang atau dimatikan, terlebih dahulu ditanami bibit kelapa sawit berumur 1,5 tahun sampai 2 tahun tepat di antara tanaman tua.

Jadi, ketika tanaman kelapa sawit tua harus sudah dimusnahkan, tanaman muda sudah mulai berproduksi. Adapun mematikan tanaman tua itu bisa dilakukan dengan dua cara : ditumbang dengan buldozer atau disuntik mati dengan suntik infus bahan racun yang mengandung natrium arsenit (Na3AsO3). Natrium arsenit dapat dibeli di toko pestisida pertanian atau di toko kimia.

Tata cara penggunaan racun ini dapat dibaca pada kemasan masing-masing. Hal penting yang harus di taati adalah : hati-hati menggunakan racun ini, karena daya racunnya sangat tinggi. Dan, pohon yang sudah mendapat aplikasi natrium arsenit ini, tbs-nya tidak lagi boleh dipanen, karena sudah mengandung racun berbahaya.

Secara umum, penggunaan natrium arsenit untuk mematikan tanaman kelapa sawit tua adalah sebagai berikut : lubangi dengan bor batang pokok kelapa sawit sedalam kira-kira jari-jari lingkar batang pokok. Maksudnya, dilubangi sampai pertengahan batang sawit. Lubang ini harus menghadap ke atas. Lalu masukkan 20 cc natrium arsenit, kemudian tutup mulut lubang dengan tanah liat yang pejal agar tidak kemasukan air.

Perlakuan dengan natrium arsenit pada sawit tua ini dilakukan pada saat umur kelapa sawit yang muda sudah mencapai umur 30 bulan atau sudah mulai berproduksi minimal 60%. Pohon sawit yang sudah disuntikkan arsenit akan mati perlahan dan habis luruh dalam masa enam bulan sampai satu tahun. Batang pokok kelapa sawit yang mati ini tidak akan menjadi media tumbuh hama atau jamur penyakit, karena mengandung racun.

Perlu diingat, bahwa perlakuan ini tidak bisa dilakukan pada lahan yang terserang jamur ganoderma ataupun phytium sp. Karena lahan yang terserang jamur patogen berbahaya ini, bila sampai masa peremajaan, harus dibersihkan, dibajak traktor dan dibiarkan terpanggang sinar matahari paling tidak selama tiga bulan. Hal ini harus dilakukan agar jamur patogen mati akibat habitatnya yang tak lagi mendukung.

Pada saat ini hitungan kami menunjukkan bahwa modal harga arsenit untuk aplikasi perpohonnya adalah sekitar rp.6.000.-

Demikianlah kami uraikan sedikit tentang cara meremajakan tanaman kelapa sawit degan sistim tanam sela tanaman, mungkin berguna.

READY STOCK : BIBIT SAWIT RP.900/BUTIR
KECAMBAH, BIBIT KARET RP.500/BUTIR.
BIBIT AREN UMUR 6 BULAN SIAP TANAM RP. 4.000/POKOK.
BIBIT AREN UMUR 2 BULAN ( UNTUK PENGIRIMAN JARAK JAUH ), HANYA RP. 1.500/POKOK.
HP. 0813 7000 8997. DENGAN MUHAMMAD ISNAINI.