Sabtu, 27 Desember 2014

Berapa Jarak Tanam Singkong yang Terbaik?

Agrobisnis

Bang

Pilot

Nama asli : Muhammad Isnaini. Tinggal di Batu Bara, Sumut. Pemilik blog : http://bibitsawitkaret.blogspot.com/ . Menulis apa saja yang selengkapnya
Berapa Jarak Tanam Singkong yang Terbaik? HL | 05 December 2014 | 00:42 Dibaca: 419   Komentar 27  Bintang  16
1417715247523421342
Jarak tanam singkong bertajuk sedang
Handphone berdering. Seseorang menelepon dan menanyakan berapa jarak tanam singkong malaysia yang sebenarnya. Ia juga mengatakan bahwa ia telah berkonsultasi dengan teman suaminya, seorang sarjana pertanian, yang mengatakan bahwa jarak tanam singkong jenis itu adalah 40 x 40 cm.
Saya terhenyak dengan kening berkerinyit. Hati saya membatin, “Dari mana pulak sarjana pertanian itu dapat ilmu?….”
Singkat cerita, akhirnya saya persilakan penelepon itu, seorang perempuan, untuk datang langsung dan belajar teknik budi daya singkong di demplot kelompok tani kami, dengan dibimbing oleh seorang petani senior yang spesialisasinya memang di bidang “persingkongan”. Nama tutor itu adalah Pak Warianto. Beliau sudah belajar ilmu singkong sampai ke Lampung, Kalimantan Timur, Malang, dan lain daerah, sebagai petani utusan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.
Jarak tanam singkong itu tergantung kepada jenisnya. Karena beberapa jenis singkong tajuk pohonnya lebar, sedang yang lainnya bertajuk sempit. Karena itu, idealnya, saat sudah dewasa, tajuk pohon singkong tidak boleh berhimpitan, tetapi juga tak boleh menyisakan ruang, agar hasil optimal.
Sebagai contoh, singkong malaysia dan singkong kuning yang bertajuk sempit, pohonnya kecil dan rendah, tangkai daunnya pendek serta helai daunnya juga relatif tidak lebar, maka jarak tanam idealnya adalah 80 x 80 cm. Adapun jenis singkong kasesa, singkong tahun, singkong hijau, singkong malang, singkong pulut, singkong trambesi, singkong begog, singkong andira, singkong roti, singkong keling, dan jenis singkong bertajuk sedang lainnya, maka jarak tanam standarnya adalah 100 x 100 cm, atau sistem double row = 80 x 160 cm. Yang terakhir adalah jenis singkong mukibat, singkong gajah dan singkong darul hidayah, dengan jarak tanam yang disarankan adalah 100 x 150 cm.
Kesuburan tanah juga berpengaruh pada jarak tanam ideal. Makin subur tanah, maka makin lebarlah jarak tanam. Pada tanah yang sangat subur, maka jarak tanam singkong malaysia adalah 100 x 100 cm, singkong kasesa dkk adalah 120 x 120 cm, serta singkong gajah dkk menjadi 100 x 200 cm.
Satu pohon hanya disisakan satu batang saja. Bila dalam satu stek tumbuh lebih dari satu tunas atau satu batang, maka tinggalkanlah batang yang paling bagus, buanglah batang yang kurang bagus. Pengurangan tunas atau batang ini biasa disebut penunasan, dilakukan pada saat umur singkong sudah penuh 3 bulan. Namun, sebagian petani menyisakan 2 batang tegakan dalam satu pohon. Ini dilakukan bila perbanyakan stek masih dibutuhkan, atau singkong jenis ini steknya laku dijual.
Bila jarak tanam terlalu rapat, atau jumlah batang tegakan terlalu banyak maka yang terjadi bukanlah banyaknya umbi segar yang didapat, tetapi tegakan pohon yang batangnya kecil tinggi, mudah rebah, dan umbinya kecil lagi sedikit.