Selasa, 16 Juli 2013

Bertanam Sawit di Rawa Pesisir

Bertanam kelapa sawit kini banyak dilakukan orang di daerah rawa pesisir atau dekat pantai. Namun sedikit orang yang mengetahui kiat-kiat khusus membudidayakan sawit di tanah rawa yang berkadar garam tinggi ini.
Tanah rawa pasang surut bukanlah jenis tanah yang ideal untuk bertanam sawit. Kadar garam yang tinggi akan membuat akar tanaman kesulitan menyerap air dan unsur hara lainnya. Akibatnya tanaman sawit daunnya akan mengecil lalu akan kelihatan kering seperti terbakar. Contohnya seperti ini :
 

Menurut penelitian para ahli, pada daun dan jaringan batang tanaman sawit yang tumbuh di rawa pesisir pantai, ditemukan unsur nitrogen (N), natrium (Na), klor (Cl), kalsium (Ca), besi (Fe), magnesium (Mg), kuprum (Cu) dan seng (Zn) yang meningkat dibanding pada tanaman sawit yang tumbuh di tanah yang bebas pasang surut air laut. Sedangkan unsur phosfor (P) dan kalium (K) didapati sangat kurang.
Atas dasar hasil penelitian itu, maka pupuk yang penting bagi tanaman sawit rawa pasang surut adalah pupuk yang mengandung unsur phosfor dan kalium. Sedangkan unsur lainnya sudah disediakan oleh air asin, sehingga kurang perlu ditambahkan. Lagi pula, kelebihan unsur juga akan membuat tanaman menderita.
Menggunakan pupuk P dan K cair yang disemprotkan ke daun pada tanaman sawit muda adalah sangat dianjurkan, mengingat unsur ini sulit diserap akar sawit yang tumbuh pada lahan bersalinitas (kandungan garam) tinggi.
Selain itu, hal penting lainnya adalah membuat saluran air yang baik, sehingga tidak terjadi penumpukan NaCl yang berlapis pada tanah perkebunan kelapa sawit. Tanda irigasi yang baik pada lahan pasang surut adalah, pada waktu surut, air tergenang sebisanya harus kering.
Selain itu, tanaman juga harus ditanam pada tanah yang dipungguh atau ditinggikan. Pungguhan tanah ini akan menunda akar mendapat cekaman salinitas akibat kadar garam yang tinggi. Pemberian tanah abu atau pupuk abu juga akan membantu menetralkan derajat asam basa tanah.
Saat ini belum ada varietas kelapa sawit yang ditujukan khusus untuk ditanam di lahan rawa pasang surut. Semua varietas kelapa sawit yang dihasilkan biasanya diuji coba pada lahan yang memang ideal. Ini sesuai dengan pernyataan pihak pengembang resmi benih sawit, yang mengaku belum pernah menguji coba benihnya ditanam di lahan pasang surut, lahan gambut atau lahan berpasir.